Lorong Waktuku

Posted: Maret 9, 2008 in jejak_sahabat
Tag:

lorong.jpg     Di suatu sore yang cerah mendadak hapeku menjerit. Eh… sejujurnya nggak menjerit ding, karena ring tone yang aku set adalah lagu kesukaanku yang dimainin melalui dentingan lembut pianonya si Om Richard Clayderman , “L” for Love. Ah…, sungguh terdengar begitu membuai di kupingku. Tapi gak mau si hape kecapean, segeralah benda imut itu aku angkat, dan…. taraaaa….!!! Gak disangka dan gak diduga nun jauh disana yang terdengar adalah suara seseorang dari masa yang “sangat” lalu. Ibaratnya nih, kalo di buku-buku dongeng yang sering aku baca pada masa itu selalu dimulai dengan kalimat  “Pada djaman dahoeloe bla..bla..bla…” Ato, “Once upon a time bla..bla.. bla..”, ato mungkin sebagaimana dulu almarhum bapakku menceritakan dongeng sebelum tidurku yang seringkali dimulai dengan kalimat, “Naliko semono…….bla…bla…, dst”. Aaahh….., sungguh kalimat-kalimat standar namun selalu mampu untuk membuatku merasa terhibur dan sekali lagi terhibur, walaupun aku telah membacanya ato mendengarnya berulang-ulang kali.

Ya, dia adalah seorang teman yang pernah satu kelas di masa SMP dan satu SMA. Kira-kira kalo dihitung pakai kalkulator, itu adalah sekitar seperempat abad yang lalu !!!  Duh, betapa “dahoeloe”-nya… Ato, mungkin sebaliknya justru bisa dipahami seperti ini : duh Gusti, betapa tuanya aku sekarang. Weitsss…. menyadarkanku pada kenyataan yang sejati. He..he…he…

Setelah ngobrol ngalor ngidul sekitar kenangan-kenangan masa kecil, terungkaplah (huh…berat banget yak…) ternyata para sobat masa lalu itu tetep menjalin komunikasi di dunia maya ini. Surprising me …. Ya betul, mereka bikin satu milis yang bisa menyatukan semuanya. Ck..ck..ck… Itulah kehebatan teknologi. Sampe sekarangpun aku gak mudeng bagaimana manusia sekarang begitu canggih dan ilmiah. Setahuku sejak jaman dulupun sudah dikenal beberapa manusia “super” (tentunya bukan superman) yang bisa saling berkomunikasi dengan jarak jauh melalui telepatinya. Namun pada waktu itu rasanya mereka melakukannya tanpa ada satu analisa ilmiah melalui hitungan-hitungan yang rumit. Ah, ya sudahlah…., kok malah jadi bikin rumit sendiri ?

Singkat kata, dengan ketidaksabaran tentunya, aku segera berselancar menuju milis itu dan pastinya langsung melamar untuk bisa join disitu. Dan setelah aku berhasil masuk ke dalamnya, yang seketika aku ingat adalah si tokoh komik Doraemon. Ya, kucing robot yang datang dari masa depan dan kaya dengan segala peralatan canggihnya itu mampu membawa si Nobita untuk menjelajah masa lalu melalui lorong waktunya. Bener banget, aku seperti memasuki satu dunia yang bagiku sudah hanya sebagai kenangan tapi nyatanya aku bisa masuk kedalamnya. Haii…siapapun kalian yang menciptakan komputer dan berbagai tetek bengeknya, aku really-really amazed !!. 

Akhirnya aku bertemu dengan banyak teman yang syukur alhamdulillah ternyata masih banyak yang mengingatku. Bener-bener keajaiban. Bagaimana tidak, disisi lain ternyata aku harus menggali memoriku untuk bisa mengingat kembali semuanya dengan baik. Sorry temans, bukan aku melupakan tapi ini sekedar ingatanku yang mulai melemah dimakan usia (loh…kok mereka nggak ya ??…padahal kan umurnya sama ….!!!). Tapi jujur, lorong waktuku ini sukses membuatku (kayaknya akan lebih tepat kalo ditambah kata merasa) seperempat abad lebih muda  (oo- yeaahh…???) walopun tanpa  menggunakan segala macam perabotan masa kini seperti vitamin E, kolagen, suntik botox, minyak bulus, atopun operasi plastik sekalipun. He..he…

Pada teman-teman disana aku ngucapin terima kasih , sudah menerimaku untuk kembali bisa bersilaturahmi, dan untuk om Pungky — untung bukan Pongky-nya Jikustik, karena bisa-bisa aku panggil Om_Pong, he..he…— tengkyu banget udah ngasih aku pintu lorong waktu. Dikau sungguh bentuk nyata dari Doraemon, he..he..he…

Dan selanjutnya, to all gladiola, seperti kata Tukul Arwana dalam salah satu iklan mie instan di TV yang mengatakan, “ I’ll be BACCKKK…!!!”.

Komentar
  1. Pungky Prakoso Tri Wibowo mengatakan:

    Selamat ya…hebaat…..saya malah keduluan…
    Saya 3 tahun yang lalu sudah berencana mau bikin blok….eh..belum kesampaian juga….karena alasan klise…..banyak kerjaan, belum ada waktu dsb…
    Niat sudah 3 tahun..Dikau malah mendahului…Good!!.
    Jujur saya surprized……pas dikau gabung…terus banyak nulis di milis…..
    Karena selama ini yang mengikuti milis biasanya pemalu..terus menulis apa adanya…
    Sedang dikau cara menulis kelihatan kalau orang yang suka baca….
    Jadi saya senang ada sparing nulis…..
    Selama ini saya sejak 5 tahun yang lalu suka menulis di internal perusahaan…
    Senang sekali saat menulis selalu banyak respon yang masuk….karena tulisan saya selalu kontroversial…out of the box…
    Akhirnya ketagihan untuk menulis…
    yah…teruskan…..ya…
    Semoga kelak jadi …penulis beneran….eh..keliru..sekarang juga penulis beneran…maksudnya penulis terkenal.

    Selamat…ya…
    Salam
    Pungky Prakoso Tri Wibowo.

Tinggalkan Balasan

