Ayam Kuah Jahe

Posted: Maret 24, 2008 in daging ayam

ayam-kuah-jahe.jpg

Satu lagi resep yang cukup menghangatkan. Kali ini resep warisan neneknya anak-anak. Sangat gampang membuatnya karena tinggal cemplung2, tapi rasanya hmmm…… segaaarrr…..

BAHAN :

Ayam   1 ekor (lebih enak diambil bagian yang bertulang saja)
Air   secukupnya

BUMBU :

Bawang merah 5 siung (diiris tipis)
Jahe   1 ruas ibu jari (digeprek)
Cengkeh  7 butir
Garam  secukupnya
Bumbu penyedap secukupnya
Cabe rawit  7 – 9 buah

CARA MEMBUAT :

Air dididihkan beserta bumbu2 (kecuali cabe rawit). Setelah mendidih masukkan ayam yang sudah dipotong-potong sebesar ruas jari. Masak dengan api kecil/sedang hingga 1 ½ – 2 jam. Tambahkan air bila kuah menyusut. Setelah bumbu benar2 meresap ke dalam daging ayam, masukkan cabe rawit utuh ke dalam kuah dan setelah +/- 5 menit segera angkat. (Tapi karena anakku yang kecil tidak suka pedas maka aku masukkan cabe rawit sesaat setelah api dimatikan).
Pada saat dimakan cabe rawit dipenyet bersama kuahnya.

Hmmm…. Bagi penyuka rasa pedas jangan ragu penyetkan rawit beberapa buah di dalam kuahnya. Yang badannya lagi nggak fit pun bakalan jadi sueggerrr… Mmmhh….

Komentar
  1. Cory Iskandar mengatakan:

    Assalamu’alaikum mbakyu,
    Aku lihat2 and perhatikan menu ini, kok sepertinya patut dicobain dirumahku deh. Soalnya yu tau kan ai kan “seorang kapiten” yg gak bisa masak tapi mau nyicip. (weeekk).Satu pertanyaan lagi nih mbakyu, berarti kalo kudu tulang yg dipakai lebih enak, itu berarti bagian “ceker” dong yah and sayap aja. Welleeh siip bangeth deh, nanti ai mau coba lalu boleh tambahin sayuran hijau dikit kali yah? Biar tambah rame dipiring & diperutnya. Hehhe, makasih ya ilmunya. (Kalo mau narsis nih, biar ai gak bisa masak tapi kalo lihat menu yg gampil and mudah bumbu2nya, ai seneng & pensaran loh). Makasih and ditunggu menu selanjutnya. Wassalam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s