Gadon Daging

Posted: April 21, 2008 in daging sapi

Gadon daging pada umumnya dibuat dengan cara di-tum (dibungkus dengan daun pisang) sehingga menghasilkan aroma yang sedap yang dihasilkan dari daun pisang pada saat dikukus. Namun untuk membuatnya lebih praktis, aku kukus sekaligus dalam satu wadah, dan untuk tetap mendapatkan aroma sedepnya daun pisang, maka aku sisipkan daun itu di alas dari wadah yang aku pakai.

Bahan :

Daging sapi giling  ¼ kg
Tahu cina besar  ½ buah
Santan kental  250 ml

Cabe rawit merah     10 biji

Bumbu :

Bawang putih giling
Ketumbar halus  ½ sdt
Garam
Bumbu penyedap rasa sapi
Daun salam   3 lembar
Gula pasir   ½ sdt

Cara membuat :

Daging sapi giling dan tahu yang sudah dihaluskan dicampur bersama ketumbar, garam, dan bumbu penyedap rasa. Setelah tercampur rata, dibulat-bulatkan sesuai selera. Wadah yang tahan panas disipakan, alasi dengan daun pisang, beri daun salam, dan tata bulatan gadon daging di atasnya. Selanjutnya siram dengan santan kental, bubuhi gula, garam, bawang giling, dan sedikit penyedap rasa. Taburkan cabe rawit ke atasnya. Kukus kira2 ½ jam.

Gadon daging ini salah satu resep khas jawa yang sering “ngangeni” alias sering bikin kangen.  Untuk mempercantik tampilan, misalnya untuk disajikan pada saat arisan, bisa saja wadah yang digunakan diganti dengan takir daun pisang, yaitu wadah berbentuk persegi yang terbuat dari daun pisang.

Komentar
  1. dewi mengatakan:

    salam kenal mba,
    saya boleh nyontek resep gadonnya ya? kebetulan anak saya doyan bgt makan gadon, tp emaknya ini ga tau cara buatnya. soal waktu masih di indo, eyang putrinya selalu yang masak.
    thanks so much!!!

  2. emwei mengatakan:

    salam kenal juga mbak dewi,
    silahkan dipakai resepnya mbak, saya senang sekali kalo apa yang saya tulis bisa bermanfaaat.
    salam untuk si kecil

Tinggalkan Balasan

