Pot Papa

Posted: September 5, 2008 in jejak_keseharian

Sekali-sekali nulisnya by order boleh kaannn..….

Awalnya emang gak kepikiran, tapi Papanya anak-anak nyeletuk, “itu dong, nulis tentang tip membuat pot dari barang bekas, kayak potnya papa”. Gak tahu tuh si Papa emang niat ngasih tip ato mo numpang beken, he..he… psssttt…!!!  Gak ding, emang sebenernya dia suka banget kok ngumpul-ngumpulin barang bekas, yang kalo menurut kategoriku sudah layak dibuang, tapi kalo menurut dia layak untuk disimpan. Tapi herannya dari hobi yang aneh ini sering keluar hasil yang mengagumkan. Makanya aku suka nyebut dia si “MacGyver”. Itu tuh, tokoh jagoan di film (jadoel) yang selalu  bisa menyelamatkan diri dari musuh hanya dengan “meramu” barang apapun yang ada di sekitarnya.

 

Nah, kembali ke pot, sebetulnya ini dibuat hanya dari talang air bekas dan hebel (bata ringan) yang dibeli seharga Rp 6 ribuan per buahnya. Caranya begini nih (ini dari sekedar pantauan aja yaahh…, soalnya bukan aku yang bikin) :

 

  1. talang air dipotong dengan panjang sesuai keinginan dan dilubangi di sisi bawahnya untuk jalan pembuangan air. Kemudian sisi kiri-kanannya ditutup dengan penutup talang dan ditempel dengan menggunakan lem pralon.
  2. hebel digambar sesuai keinginan kemudian diukir. Ngukirnya gampang kok, karena hebel ini cukup lunak (nggak sekeras batu bata). Cukup dengan menggunakan cutter aja bisa. Tapi kalo punya alat pahat tentunya akan lebih mudah, khususnya waktu membuat bentuk lengkungan-lengkungan. Setelah selesai diukir, sisi-sisi dalamnya dilubangi untuk dudukan talang air yang akan digunakan sebagai pot-nya.
  3. talang air yang sudah dilem tadi dilekatkan pada hebel dengan menggunakan sekrup.

 

Naahhh… jadi deh… Hasilnya kayak begini nih.

 

 

 

Tuh… artistik kan  …… Coba aja sendiri di rumah, tentunya akan bisa memperindah tampilan taman kita. Jadi…. jangan anggap enteng barang bekas….

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s