Soto Madura

Posted: September 8, 2008 in daging sapi

Bikin soto madura untuk menu puasa gini emang paling enak. Selain membuatnya super praktis, gak perlu bikin aneka asesoris, juga rasanya segar. Kemarin aja karena seharian pergi walhasil soto baru aku buat setelah maghrib. Dan emang kok, gak sampe sejam dah beres semua. Eh…tapi dengan catatan masaknya pake panci presto ya…., he..he… (ya eyyalaahhh……. terang aja cepet !! J )

 

Bahan :

 

Daging sapi (sengkel / sandung lamur)                  ½ kg

Bawang putih (iris tipis dan goreng)                       10 siung

Daun bawang & seledri                                            secukupnya

Sereh                                                                          2 batang (digeprek)

Daun jeruk                                                                  2 lembar

Daun salam                                                               3 lembar

Merica                                                                        secukupnya

Ketumbar                                                                   secukupnya

Garam                                                                        secukupnya

Bumbu penyedap                                                      secukupnya

Minyak goreng                                                           secukupnya

Air                                                                               +/- 1.5 liter

 

Bumbu dihaluskan :

 

Bawang putih                                                 7 siung

Bawang merah                                                          7 siung

Jahe                                                                            1 ruas jari

Kunyit                                                                          1 ruas jari

Kemiri                                                                         5 butir

 

Membuat :

 

Daging dipotong ukuran soto. Panaskan air dalam panci presto (pressure cooker). Semua bumbu (bumbu halus, sereh, daun jeruk, daun salam, merica, ketumbar) ditumis hingga wangi, dan masukkan ke dalam air yang sudah mendidih. Tambahkan garam, bumbu penyedap, dan juga dagingnya. Masak hingga daging empuk. Setelah matang, masukkan bawang putih yang sudah digoreng dan juga irisan daun bawang/seledri. Didihkan sekali lagi hingga aroma bawang putih goreng muncul. Bawang putih goreng ini yang membuat aroma soto menjadi sedap.  

Disajikan dengan taburan bawang merah goreng, perasan jeruk nipis, sambel rawit uleg, dan kalo mau tambahkan irisan telur rebus untuk topingnya.

 

 

Kalo makan nasi soto ini jadi inget masa kecil dulu, kalo pas lagi ke Surabaya sering banget sarapannya beli soto madura seperti ini. Hmmm…. emang wuenaaakkkk…..

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s