Mudik Lebaran = Hunting foto + Reuni

Posted: Oktober 22, 2008 in jejak_keseharian

 

 

Sebetulnya judul “Mudik lebaran = hunting foto” itu cuma pas buat Dita aja. Lha iya….wong yang ngebet mo motret-motret itu dia. Begitu diijinin sama papanya boleh mudik bawa kamera DSLRnya waaahhh..langsung aja hebohnya minta ampun. Aku, papanya, juga adiknya walopun satu rombongan mudik ya biasa aja tuh…tetep cool…… gak heboh-heboh amat…….heheheh…..

 

Mudik kali ini terasa lebih spesial. Kenapa ? Biasanya setelah nyampe rumah Semarang tempat eyangnya anak-anak, lebih banyak diem di rumah, ngobrol2 dengan saudara, dan (pastinya gak terlewatkan) menikmati jajanan setempat. Anak-anak biasanya sudah asik kalo ngumpul sama sepupu-sepupunya. Tapi bagiku tahun ini terasa lebih istimewa karena lebih banyak “keliarannya”. Hehehe…. Oya, aku sebetulnya udah gak punya kampung halaman, tapi untungnya suami masih bisa mudik ke Semarang. Alhamdulillah, suasana lebaran bersilaturahmi dengan orang tua masih bisa aku rasakan. Walopun sebetulnya ada sedikit kerinduan kalo inget masa lalu sewaktu nenek sama akungnya anak2 masih ada. Hiks….

 

Pagi itu abis sholat ied kami segera berangkat, karena kalo kesiangan dikit aja suka udah macet sih. Seperti udah diduga…di sepanjang jalan si Dita jepret sana jepret sini ambil foto, padahal mobil dalam keadaan terus melaju. Ini nih salah satu hasil jepretannya, sewaktu kami melintasi hutan jati yang terletak di Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

  

 

Singkat kata sampailah kami di kota tujuan…SemarangKota ini penuh dengan kenangan, karena disinilah aku tumbuh dewasa selepas lulus SMA.  Jalan-jalan di sekitar Simpang Lima kembali membuka ingatanku akan masa-masa kuliah dulu. Waah….. kembali menginjakkan kaki ke kota ini membuat semangatku kembali seperti 20 tahun yang lalu. Hihihi…rada lebay..tapi sedikit banyak emang begitu perasaanku. Dan satu lagi, entah kenapa, bila aku berkumpul bersama ibu mertua dan saudara2 ipar membuatku refresh dan rasanya jadi tambah cinta aja ke papanya anak2. Hihihihiii….  Jadi maluuu…….

 

Kegiatan di Semarang selain nemenin Dita hunting foto adalah melakukan reuni-reuni yang spesial banget. Wah…..gak terbayang sebelumnya bakal bisa ketemu temen2 lama. Yang pertama adalah ketemu Lina beserta rombongan keluarga dan teman2 kuliahnya. Lina adalah sahabatku sekaligus teman sekamarku sewaktu aku masih kost di Semarang selama 5 tahun. Rasanya bahagia banget bisa kembali ngumpul dan masing-masing membawa keluarganya. Ada perasaan takjub yang terselip.

 

Dan reuni yang tak pernah terbayangkan olehku adalah reuni SMA Magelang. Yang ini bener2 aku rasakan sebagai parsel lebaran, karena sebelumnya gak terbayang akan bisa sampai disana dan bergabung bersama teman2 yang sudah aku tinggalin 26 tahun yang lalu itu. Bagiku Magelang adalah tanah kelahiranku (walopun aku gak terlahir disana), tapi aku dibesarkan di kota kecil yang sejuk itu. Walopun sudah berpuluh tahun kutinggalkan kota itu namun hatiku masih melekat disana. Menginjakkan kembali kaki di bumi Magelang, menapaki lapangan sekolah, dan bertemu dengan teman2 Gladiol84 sungguh membuatku terharu yang amat sangat. Aku sangat berterima kasih pada suamiku karena bersedia menyempatkan waktu ½ hari (kebetulan hari itu ada acara lain) untuk mengantarku kesana. I Love you Pa……..  

 

Dan di hari itu pula aku sempatkan mampir di rumah orangtuaku dulu. Tepatnya “bekas” rumah orang tuaku, karena rumah itu sudah dijual sejak tahun 90an. Memasuki rumah itu kembali teringat masa-masa kecilku terbalut kehangatan kasih sayang keluarga. Seluruh layout rumah sama sekali tidak diubah, bahkan warna catpun tetap dipelihara seperti semula. Kembali rasa haru menyelimutiku karena teringat almarhum nenek dan akungnya anak2.

 

Tapi seberapapun banyaknya perasaan yang berseliweran dalam hatiku, pokoknya mudik kali ini bener-bener istimewa. Setelah 1 tahun menapaki jalan-jalan kehidupan, rasanya tidak percuma menghabiskan waktu selama 5 hari “kembali” ke masa lalu untuk menikmati arti kata “Indahnya Kenangan”.

 

Komentar
  1. emwei mengatakan:

    betul mas, klinong2 di simpang lima memang asyik
    matur nuwun ya….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s