Tongseng

Posted: Desember 14, 2008 in daging sapi

 

tongseng

Ini masih dalam suasana lebaran Idul Adha. Kiriman daging kambing beberapa hari yang lalu masih aja ada di kulkas. Siang ini aku buat tongseng, mumpung cuaca mendung-mendung, jadi biar badan sedikit hangat. Oya, tongseng ini aku buat tanpa santan sehingga akan terasa lebih light dibanding tongseng yang biasa kita beli.

 

Bahan :

 

Daging kambing                   250 gr

Kol                                          secukupnya

Tomat                                     1 buah

Rawit merah                          7 buah (utuh)

Daun salam                           3 lbr

Lengkuas                               1 ibu jari

Sereh                                      1 batang

Kayu manis                            3 cm

Cengkeh                                7 butir

Merica                                    secukupnya

Pala                                        secukupnya

Ketumbar bubuk                    secukupnya

Garam                                    secukupnya

Bumbu penyedap                  secukupnya

Bumbu masakan kambing   (semacam bumbu gule/kari berwarna kuning)

Kecap manis                         secukupnya

Gula pasir                              secukupnya

Air                                           secukupnya

Minyak untuk menumis         secukupnya

 

Bumbu halus :

Bawang merah

Bawang putih

Kunyit

Jahe

 

Membuat :

 

Bumbu halus ditumis bersama lengkuas, daun salam, sereh, kayu manis, dan cengkeh hingga harum. Masukkan daging kambing yang sudah dipotong- potong kecil. Tambahkan garam, bumbu penyedap rasa, bumbu kambing, merica, ketumbar, dan pala. Masak hingga daging berubah warna. Masukkan kecap manis, bila kurang manis bisa ditambahkan sedikit gula pasir. Aduk terus hingga bumbu meresap kedalam daging. Tambahkan air dan masak hingga daging cukup empuk. Bila sudah benar2 matang dan meresap, masukkan daun kol yang sudah dipotong2, rawit merah, dan juga tomat untuk memberi rasa segar. Masak kembali hingga kol sedikit layu (tapi masih tersisa kesegarannya). Sajikan dengan nasi panas.

 

 

 

Oya, untuk yang gak suka daging kambing sah-sah aja kok kalo diganti daging sapi. Pokoknya tetap pada prinsip : make it simple….

 

 

 

Komentar
  1. fc mengatakan:

    bole coba nih bu :))

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s