Tumis Lobak

Posted: Desember 18, 2008 in sayuran

 tumis-lobak

Rasanya emang agak bingung juga mikirin variasi masakan berbahan dasar lobak. Selain dibuat soto bandung, inilah salah satu pilihan lain. Tumisan ini biasa dimasak almarhum neneknya anak-anak. Bosan dengan jenis masakan sayur lain? Cobain aja yang ini….. Aku suka banget, apalagi kalo langsung dimakan setelah diangkat dari kompor……. Hhmmm…..masih panas….langsung terasa kesegaran lobaknya…….

 

Bahan :

 

Lobak                                     2 buah

Bawang putih                        3 siung

Cabe rawit merah                 5 – 7 buah

Kecap manis                         secukupnya

Garam                                    secukupnya

Bumbu penyedap                  secukupnya

Air                                           +/- 75 – 100 cc

Minyak goreng                       secukupnya

 

Membuat :

 

Loabk dipotong kotak dadu (kalo bisa jangan dipotong bulat karena akan gampang lembek pada saat dimasak). Tumis bawang putih yang sudah dicincang dalam minyak, setelah wangi masukkan irisan cabe rawit, tumis hingga matang. Masukkan potongan lobak, tambahkan kecap manis, garam, dan bumbu penyedap. Tambahkan sedikit air, masak hingga matang dan air menyusut (jangan terlalu lama, sehingga kerenyahan lobak masih terjaga). Sajikan.

 

Komentar
  1. Marzalinta mengatakan:

    Saya sudah coba resepnya, tp ibu saya malah tidak menyentuh masakan saya sama sekali, kira2 ada resep lain g? Soalnya ibu saya bermasalah dgn ginjalnya, dokter menyarankn agar mengkonsumsi buah lobak, tp saya bingung, ibu saya tidak suka bau khas lobak itu, saya hrus gmn lagi?

    • emwei mengatakan:

      mb Marza,
      saya ikut prihatin dg keadaan ibu
      semoga saat ini kondisi beliau lebih baik
      selain lobak ditumis, ada juga resep soto bandung yang juga menggunakan lobak
      silahkan disearch di blog saya ini
      salam hangat dari saya utk ibu ya🙂

    • Dby mengatakan:

      Kalau lobaknya diiris tipis kaya batang korek api lebih joss lho, lebih cepet masak juga…

      Ehm untuk ngilangin bau lobaknya, q cba pake jahe, jadi jahenya ditumis bareng bawang putih dan bawang bombay…

      ehm nyummy…

Tinggalkan Balasan

