Pastel Tutup

Posted: Maret 17, 2010 in kue & makanan ringan lain, sarapan

Ini adalah salah satu makanan yang aku & anak2 sukai (tapi bukan selera papanya anak2 banget😀 ). Seperti biasa kalo anak2 ketemu makanan bukan nasi pastinya disambut dengan suka cita. Katanya “bosen ah… tiap hari makan nasi”…hehe….. Orang Indonesia kok bosen makan nasi…hehe… ada-ada aja…..

Bahan :

Kentang tess 1 kg
Ayam rebus potong dadu 1 mangkok kecil
Wortel 2 batang
Buncis 1 ikat (segenggam)
Telur ayam 4 butir
Soun cina 1 bungkus kecil
Bawang putih 2 siung
Bawang Bombay I buah
Keju parut 100 gram
Margarin secukupnya
Garam
Bumbu penyedap
Merica
Pala
Sedikit air

Membuat :

Kukus kentang hingga lunak. Panas-panas dikupas dan dihaluskan hingga lembut. Kemudian dalam keadaan masih panas campurkan margarin +/- 2 sdm. Sisihkan. Rebus 3 butir telur ayam. Dinginkan, dan dipotong tipis (dengan alat pemotong telur). Sisihkan.
Wortel dikupas dan dipotong dadu, demikian juga dengan buncis dipotong kecil-kecil.

Tumis bawang putih dan bawang bombay dengan margarin hingga wangi. Masukkan ayam rebus dan bumbui dengan garam, bumbu penyedap, merica dan juga pala. Tumis hingga bumbu meresap. Masukkan wortel, dan tambahkan air. Bila sudah setengah matang, masukkan buncis, aduk rata hingga setengah matang, dan terakhir masukkan soun yang sudah direndam dengan air. Aduk2 hingga semuanya tercampur rata dan air habis. Sekali lagi cicipi dan bilamana perlu tambahkan bumbu hingga rasa sesuai dengan selera yang kita kehendaki. Tunggu hingga uap panas hilang, bila sudah hilang masukkan telur ayam mentah 1 butir dan aduk rata pada isian ini.

Pinggan tahan panas diolesi dengan margarin, kemudian separo dari kentang tadi disusun pada lapisan paling bawah. Bila sudah rata isikan seluruh adonan isi, lapisi atasnya dengan telur rebus, dan taburi dengan sebagian keju parut. Tutup di lapisan paling atas dengan sisa kentang rebus. Ratakan, dan taburi kembali dengan sisa keju parut. Panaskan oven, dan panggang hingga berwarna kuning keemasan. Sajikan dengan sambal botol.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s