Mie Ayam

Posted: April 20, 2010 in nasi_mie_dan pasta, sarapan

Siapa sih yang nggak suka mie ayam? Hehe…. Rasanya semua orang suka ya….. Mau yang muda, tua, apalagi anak-anak….:) Tapi …seperti biasa kalau makanan kesukaan keluarga kita buat sendiri tentu ada nilai plusnya. Mau tau apa nilai plusnya? Kebersihan udah pastilah… Rasa…..ini bisa kita sesuaikan dengan selera keluarga kita. Trus yang lebih penting lagi, Insya Allah akan menambah ikatan kasih didalam keluarga. Hmmm….. tentu mau dong ….:) Yuk…. kita buat yuuk….

Bahan :

Ayam ½ dada (pisahkan kulitnya)
Jamur kancing 1 genggam
Sawi 1 ikat (potong2)
Toge 1 genggam
Daun bawang iris secukupnya
Mie untuk mie ayam 4 ikatan
Bawang putih
Jahe
Garam
Merica
Bumbu kaldu rasa ayam
Saus tiram
Minyak goreng
Minyak wijen

Membuat :

Rebus dada ayam dengan 1 ruas jari jahe. Bila sudah matang potong2 bentuk dadu. Sisihkan. Kulit ayam digoreng dalam minyak bersama jahe cincang, garam, dan bumbu kaldu rasa ayam. Bila kulit sudah garing matikan api dan sisihkan. Minyak ayam ini digunakan untuk membumbui mienya. Selanjutnya tumis bawang putih yang sudah digeprek, bila sudah harum masukkan ayam dan jamur yang sudah dipotong2. Tambahkan merica, garam, bumbu rasa kaldu ayam, dan sedikit saus tiram. Masak hingga bumbu meresap.
Untuk kuah mie ayam, tumis bawang putih cincang, bila sudah harum masukkan ke dalam kaldu ayam. Tambahkan garam, merica dan bumbu rasa kaldu ayam. Terakhir masukkan sedikit minyak wijen untuk menambah citarasa. Siap untuk disajikan.

Penyajian :

Siapkan air mendidih untuk merebus mie ayam. Celup-celup hingga mie matang. Dalam mangkok bumbui mie dengan minyak ayam, aduk rata. Taburi dengan sawi dan toge yang sudah disiram dengan air panas. Beri ayam jamurnya dan taburi dengan irisan daun bawang. Siapkan kuahnya dalam mangkok terpisah dan taburi juga dengan irisan daun bawang. Sajikan dengan sambal maupun saus tomat bila suka.

Komentar
  1. agito mengatakan:

    Assalamu’alaikum….

    Salam Kenal…
    Artikelnya ringan dan mudah dipahami, jadi ngiler deh…😆 (tapi sayang masing nunggu yang mau buatinnya..) 😆

    • emwei mengatakan:

      wa’alaikum salam..
      salam kenal juga mas Agito
      hehe…. mudah2an segera datang yang mbuatin ya🙂
      tapi kalo mau buat sendiri sebetulnya juga gampang lho….hehe…

      makasih ya udh mampir ke sini🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s