Roti aneka isi

Posted: Juni 30, 2010 in kue & makanan ringan lain

Akhirnya sukses juga nyobain breadmaker baru. Sebelumnya pernah juga aku buat make resep basic bread yang ada di buku petunjuk. Tapi…ih….kok aku gak suka yaa…. Teksturnya kasar dan alooot…mirip2 french baguette. Mungkin lebih cocoknya kalo dimakan pake cream soup kali ya…dibikin garlic bread (hehe…maklum… gak ngerti ilmu per-roti-an). Mana bentuknya loaf gitu aja, jadi kurang menarik. Nah..pas mo nyoba yang kedua kalinya, eh….aku cari2 buku petunjuknya ndilalahnya nyelip entah dimana…lupa banget. Akhirnya nekat aja pake resep roti biasa and diolah pake menu dough-nya breadmaker supaya bisa diisi macem2. Dan inilah hasilnya… Jauh lebih empuk, karena memang resepnya make telur dan margarine yang lebih banyak (instead of basic bread, secara basic bread cuman pake minyak sayur n no egg at all. Pantes….seret …cape ngunyahnya… )😛

Bahan :

Susu 200 ml
Telur ayam 2 butir
Margarine 100 gr (dilelehkan)
Tepung protein tinggi 500 gr
Gula pasir 110 gr
Garam ½ sdt
Yeast 11 gr

Membuat :

Karena ini memang nyoba breadmaker jadi ya semua bahan dimasukin ke tabung mesin dimulai dari yang berbentuk cairan dulu. Selanjutnya garam dan yeast jangan sampe ketemu. Dan….set dough menu. Tungguin sekitar 1.5 jam, jadi deh adonan roti. Adonan ini aku tinju supaya keluar gasnya. Abis itu tinggal diisi sesuai selera (keju, coklat, burger, sosis, buah2an, dll) , tungguin sekitar 1/2 jam supaya ngembang lagi baru kemudian dioven, jadilah roti anget2 dan mendut-mendut… empuk….🙂

Alhamdulillah…..dengan breadmaker ini bisa juga akhirnya aku bikin rutiiii….hehe….. kayak mimpi rasanya.. 🙂.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s