Mie Kocok Bandung

Posted: Agustus 5, 2010 in nasi_mie_dan pasta, sarapan

Bosan makan nasi ditambah urusan kepraktisan (seperti biasa… 🙂 ) kemaren aku buat sajian yang ringan untuk makan malam. Kebetulan juga seharian Bekasi hujan deres banget, jadi rasanya cukup pas dengan sajian yang hangat menyegarkan seperti mie kocok bandung ini. Cara bikinnyapun sangat gampang en cepaatt….hehe…

Bahan :

Kikil sapi ½ kg
Toge 1 piring besar
Mie telur 1 piring besar
Bawang putih 5 siung
bawang bombay 1 bh
Garam
Merica
Bumbu kaldu rasa sapi
Daun bawang + seledri
jahe 1 ruas jari
Air 1-1 ½ liter
Minyak goreng
Bawang goreng untuk taburan

Membuat :

Kikil sapi yang sudah dipotong2 direbus sebentar untuk membuang aroma yang berlebihan dari kikil. Setelah dibuang airnya rebus kembali (dengan air yang baru) dalam panci. Cincang bawang putih dan bawang bombay, tumis dalam minyak panas hingga harum dan berwarna keemasan. Masukkan tumisan bawang ke dalam panci, bumbui dengan garam, merica, bumbu kaldu rasa sapi, jangan lupa cemplungkan pula daun bawang (tanpa dipotong) dan jahe yang digeprek ke dalam panci untuk menambah sedap dan harum kuahnya. Rebus hingga kikil empuk (supaya cepat pakai panci tekan aja🙂 ).
Setelah matang, rebus mie telur hingga matang, toge juga direbus sebentar banget asal sedikit layu (tapi masih renyah).

Penyajian :

Taruh mie telur dalam mangkuk, tambahkan toge rebus di atasnya, dan siram dengan kuah berikut kikilnya. Taburi dengan daun seledri cincang dan bawang goreng. Tambahkan kecap ataupun sambal rawit sesuai selera.

Dan tadi malam pun semakin terasa segar karena mie kocok bandung ini ditemani jus stroberi segar hasil bawaan weekend kemaren dari Bandung. Wah…alhamdulillah banget Ya Allah…. Rizki-Mu memang tiada duanya….sungguh nikmat…..

Komentar
  1. fredy mengatakan:

    Pengen doung bu icip2 mie kocok bandungnya😀
    kayaknya manteb abis deh😉

  2. DioN mengatakan:

    Suwun May untuk resepnya. Sederhana tapi nyuzzz…:) I like This.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s