Ngapain nge-Blog ??

Pada awalnya aku beranggapan bahwa bila seseorang memiliki blog artinya orang itu terlalu membuka diri dan over pede. He..he.. memang pemikiran yang kolot. Tapi itulah aku. Namun dengan berjalanannya waktu, pemikiranku itu pelan-pelan berubah seiring dengan banyaknya blog-blog yang aku buka. Ternyata banyak ibu-ibu yang sangat berbaik hati membuat blog untuk melakukan sharing dalam banyak hal, termasuk berbagi resep makanan, dan itu sangat bermanfaat bagi banyak orang. Dan ada satu hal lagi yang pada akhirnya sangat mendorong aku untuk membuat blog pribadi, yaitu setelah mengetahui bahwa ternyata salah satu blog yang sering aku kunjungi ternyata pemiliknya sudah meninggal 2 tahun yang lalu. Pada saat mengetahui itu sungguh… hatiku sangat tercekat, betapa apa yang telah dilakukan manusia semasa hidup masih akan sangat bermanfaat bagi orang lain walopun orangnya sudah menghadap Sang Khalik. Semoga mbak Inong pemilik blog itu selalu mendapatkan rahmat Allah swt. Amin.

Jadi sebetulnya yang aku lakukan ini hanyalah “nyontek” apa yang telah dilakukan banyak orang, namun dengan seluruh kerendahan hati aku perlu katakan, bahwa apapun yang aku tulis di blog ini semuanya hanyalah catatan-catatan pribadiku, jejak-jejak langkahku dalam mengarungi titian kehidupan ini. Namun karena (terus terang nih….he..he..) masih ada satu sisi kekolotanku yang sudah tercetak dari sononya dan nggak bisa di-delete, maka profil pribadiku tidak akan banyak aku kupas. Yaa… gambaran tentang siapakah aku rasanya sangat nggak penting, “aku” disini boleh menjadi siapa saja karena “aku” adalah salah satu dari banyak karakter yang ada di sekitar kita, namun “bagaimana aku” bisa bayak dijumpai disini. Jejak-jejak langkahku pun sebetulnya bukan hal penting bagi banyak orang, namun setidaknya disini aku bisa menggoreskan tinta untuk menyampaikannya dan aku berharap apa yang aku tulis akan cukup bermakna setidaknya bagi keluargaku.

Catatan-catatan itu aku bagi dalam beberapa bagian. Misalnya dalam jejak_keluarga sudah pastilah yang aku tulis adalah profil keluargaku. Pastinya nggak akan lengkap tapi sedikit banyak cukup terwakili dengan kesan-kesan yang sepintas melintas di kepalaku pada saat menuliskannya. Dalam jejak_keseharian aku sampaikan apa-apa yang terjadi dalam kejadian sehari-hari khususnya yang cukup melekat kesannya buatku. Tapi ya… tentu saja gak semuanya aku tuliskan karena akan sangat tergantung dengan kesempatanku menulis. Dalam jejak_jiwa aku coba menuliskan hal-hal yang membuatku merenung. Dalam renungan itu bisa saja menghasilkan sesuatu yang buatku sangat besar dan sangat dalam maknanya. Tentu saja ukuran “besar dan dalam” ini adalah menurut ukuranku, karena bisa jadi bagi orang lain adalah biasa-biasa saja. Sedang dalam bagian jejak_sahabat aku coba menuliskan hal-hal ringan namun indah (buatku !!) yang berhubungan dengan sahabat-sahabat yang ada di sekitarku dan selalu siap berbagi denganku. Dan satu bagian lagi adalah jejak_kuliner. Nah… yang ini akan sangat spesial !! Karena sangat spesialnya aku ceritakan secara khusus deh…

Pada kategori jejak_kuliner ini akan paling banyak memuat tulisanku. Tapiii… hal ini sama sekali bukan karena resep-resep yang aku tulis hebat-hebat, dan bukan pula karena aku jago masak !! Nah lo…terus apaan dong ?? Bagiku, jejak_kuliner lebih menceritakan pengalamanku di dapur karena pada saat ini itulah salah satu job desc yang menonjol dalam keseharianku. Terus terang nih, sebelum nantinya banyak orang akan kecewa (hi..hi…) aku harus mengatakan bahwa sebetulnya kegiatan di dapur adalah pekerjaan baru buatku dan sampai sekarangpun aku masih banyak belajar. Bagiku dapur adalah laboratoriumku. Bagiku kegiatan memasak adalah salah satu cara kita untuk berkreasi dan berekspresi. Disini aku nggak harus terpaku dengan resep asli tapi hatikulah yang akan menuntunku untuk mencoba melakukan sedikit perubahan-perubahan. Bagiku memasak adalah seni, dan seni adalah kebebasan !! Tapi walopun begitu, hal yang sangat menyenangkan adalah karena anak-anakku mampu menjadikan aku sangat berarti buat mereka dalam hal ini. Nggak akan pernah bisa terkatakan bagaimana bahagianya perasaanku bahwa di tengah keporak-porandaan laboratoriumku  itu ternyata mereka seringkali terlihat suka cita menyambut hasil eksperimenku. He..he… Rasanya apapun kehebohan yang terjadi di sana terbayar dengan sambutan mereka. Jadi aku hanya ingin mengatakan bahwa apapun yang kita lakukan untuk keluarga, walopun mungkin bagi orang lain jauh dari kata sempurna, tetap akan berarti untuk orang-orang yang kita sayangi itu.  Oya, disinipun aku tuliskan resep masakan-masakan yang biasa dibuat oleh almarhum neneknya anak-anak. Kebetulan kalau beliau memang jagonya, jadi dengan menuliskan disini yang pasti akan mengabadikan ilmu beliau yang Insya Allah juga bisa bermanfaat bagi yang lain. Tapi inti dari semua bagian ini adalah : apapun yang aku bikin sebisa mungkin yang praktis n gampang !!

Dalam perjalanannya nanti bisa saja akan “terlahir” kategori lain dalam blog ini, tapi kesemuanya tetap dalam satu koridor jejak_langkahku. Pada saatnya aku ingin isi dari blog ini aku cetak. Tentunya bukan untuk dijual, he..he.. mana laku ??? Aku cuma ingin buat semacam album aja yang kalo pun listrik mati (??)  atopun komputerku ngadat, aku masih tetep bisa buka2.

Last but not least, nggak akan banyak kata yang cukup mewakili semua ini melainkan hanya : I love my fam !!

 

Komentar
  1. darmo mengatakan:

    nice blog friend,
    serasa lebih kecil menghadapi seorang eMWei,
    maju terus pantang mundur sobathh…….

  2. emwei mengatakan:

    wah…
    yang aku buat ini bukan apa-apa kok, mas
    aku cuma mencoba membuat catatan2 kecil yang siapa tahu suatu saat bermanfaat
    makasih yaa…

  3. DioN mengatakan:

    Ayo May, isi lagi blog kamu.
    Kayaknya udah hampir setahun absen neh ?:) sibuk dolanan chart yo ?! kqkq :))
    Semangat….dan tumbuhkan spirit untuk menulis dan menulis lagi May.!!!
    Ayoooo..kamu bisa..!!

    salam buat keluarga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s